Kamis, 14 Juni 2007

Efektif menggunakan "Search Engine" di Internet


Mengunakan search engine -seperti Google atau Yahoo - untuk mencari informasi di internet kini telah menjadi hal yang biasa. Namun dalam kenyataannya para penguna internetkerap di bingungkan dengan banyaknya hasil yang diperoleh.

Agar pencarian menggunakan search engine lebih efektif, tidak memakan waktu dan sesuai dengan keinginan ,ada beberapa trik yang dapat dilakukan.


1. Pertama tentu memastikan bahwa kata-kata yang ditulis sudah benar. upayakan mengunakan kata-kata yang spesifik dan hindari kata-kata umum seperti "dan" "yang" "atau" dal lain-lain. Semakin spesifik kata kunci yang dipergunakan, semakin efektif pencarian yang dilakukan.
2. Mengunakan lebih dari satu kata kunci akan mengeluarkan hasil yang lebih banyak. Akan lebih baik -jika yang menyangkut satu atau istilah tertentu-jika mengunakan tanpa kutip ("...") sehinggga hasil pencarian dibatasi hanya pada halaman-halaman web yang memuat persis seperti kata kunci tersebut. Misalnya ketimbang menuliskan laptop seken, Anda dapat mencoba mempersempit pencarian dengan menuliskan "laptop seken"
3. Untuk mempersempit pilihan, Anda bisa menambahkan kata kunci pada pencarian. Misalnya jika berniat membeli laptop seken maka gunakan kata "laptop seken dijual" (dengan tanda petik). dengan begini Anda tak perlu laagi memilah data yang demikian banyak.
4. Gunakan tanda '+' atau '-' untuk lebih membatasi pencarian. Misalnya jika hendak membeli laptop seken dengan kemamapuan hard disk 20 GB. Anda dapat mengetikkan : "laptop seken dijual +20 GB.
5. Jika informasi yang dicari belum juga ditemukan, cobalah untuk mencari kata-kat lain yang mugkin digunakan. Misalnya kata 'laptop' diganti dengan 'notebook', atau kata 'seken' bisa diganti dengan 'second'. Peluang Anda untuk mendapatinformasi yang dicari tentu lebih besar.
6. Terakhir, jika data yang dicari bukan halaman eb melainkan format lain seprti gambar, audio atau video, Anda dapat mengunakan fitur-fitur tambahan yang khusus mencari format data yang dicari tadi. Selamat mencoba.