Kamis, 11 Februari 2010

Kemana setelah lulus kuliah????


Pertanyaan sederhana ini khususnya buat teman-teman yang sedang menuntut ilmu di bangku kuliah baik D3 maupun S1.

Mau kerja???? Nikah???? Sudah siapkah????

Bagi teman-teman yang mempunyai orang tua kaya raya alias tajir, dengan santai bisa melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PSTN) mau S2 atau S3. Mau di dalam negri atau luar negri???? Ayo :-)

Tapi, bagi yang mempunyai orang tua sederhana atau pas-pasan, gimana? Ada solusi teman-teman bisa melanjutkan kulaih sambil kerja, atau mengajukan beasiswa ke yayasan Supersemar atau Sampoerna Foundation atau yayasan-yayasan lain.

Yang jadi masalah saat ini lapangan pekerjaan sedikit dibandingkan pencari kerja. Banyak sarjana yang nganggur, banyak lulusan tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja.

Kita harus bersaing keras dengan teman-teman 1 angkatan, 1 almamater bahkan dengan sseluru PTN-PTN maupun PTS-PTS seluruh Indonesia, baik yang ternama maupun tak dikenal sama sekali. Lalu gimana cara agar kita bisa bersaing di kancah global ini??? Nama besar almamater atau kampus kita tidaklah cukup, apalagi kampus yang tidak di kenal/tidak terkenal (Seperti kampus penulis :-( . Hehehe3x).

Jangan berkecil hati, kita masih bisa bersaing dengan teman-teman almamater yang lain. Caranya tingkatkan potensi diri kita, baik potensi otak, hati (qolbu), ketrampilan maupun sikap/attitude kita(budi pekerti). Karena kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh IQ (Intelligence Quotient) saja tetapi EQ (Emotional Quotient).

Meningkatkan potensi Otak kita:
  • Belajar terus, perbanyak membaca, diskusi dll.
  • Ambil kursus bahasa Inggris, komputer dll agar kita bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitor kita.
Bersambung......

Source Image di ambil dari https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9pf-1A3TddQI3m3GKJRTZpITd7Nm_8JnBkXyaXYw9TQ0125KQ6546omCj4EAcNQTh3eTPG5ZuPQT2JM_I6i5w3V6L5DH1glU5wZ-MMWr3PP_v6CLjElJ3mwmW_XSLg8nCXbOR7LZzwptj/s400/lowongan+kerja+luar+negeri.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar