Jumat, 18 Desember 2009

Portabel Microsoft Visual FoxPro 9.0


Sekilas Tentang Microsoft Visual FoxPro 9.0

Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berbasiskan prosedur yang pertama kali dikembangkan oleh Fox Technologies pada awal 1984 dengan nama FOXBASE. Program ini dikembangkan untuk menyaingi dBase II dari AShaton-Tate. Dalam perkembangannya FoxPro tetap mempertahankan kemampuan pemrograman prosedural dan dilengkapi dengan pemrograman
berorientasi objek. FoxPro pertama kali dikembangkan berbasis text dan dapat dijalankan pada MS-DOS, Windows, Mac OS, dan UNIX. FoxPro memperkenalkan GUI (Graphical User Interface) pada tahun 1989. Pada tahun 1992 Fox Tecnologies bergabung dengan Microsoft FoxPro berkembang menjadi Visual FoxPro pada tahun 1995. Kemampuan pemrogaraman procedural tetap dipertahankan dan dilengkapi dengan pemrograman berorientasi objek. Versi terakhir dari FoxPro adalah versi 9.0 dan Service Pack untuk versi 9.0 dirilis pada tahun 2007.

Kelebihan Microsoft Visual Foxpro 9.0 adalah sebagai berikut:
1. Tidak memerlukan spesifikasi hard ware yang tinggi

2. Kemudahan dalam pengembangan program, Visual FoxPro is flexible & easy to use.
Bahkan bagi seseorang yang tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun. Wizard yang disediakan oleh VFP untuk mempermudah pemakai menggunakan fasilitas di dalamnya, dari Wizard membuat tabel hingga Wizard membuat aplikasi berikut interface-nya.

3.First of All, Visual FoxPro is Data Centric Language
Artinya VFP adalah suatu bahasa pemrograman yang sudah dioptimalisasi penggunaannya untuk pengolahan database. VFP juga mendukung transaction processing secara native, ata Dictionary Support, dan SQL ANSI 92 Standard Syntax.

4.Visual FoxPro is extremely fast database engine

5.Visual FoxPro is remote access data
VFP mendukung untuk mengakses data diluar dari database native yang dimilikinya, seperti Microsoft SQL Server, Oracle, mySQL, PostGreSQL, Thunderbird, Access dan lain sebagainya dengan menggunakan koneksi ODBC dan ADO.
6.Visual FoxPro is excellent RAD tools
Dimana dengan kemampuan OOP yang dimiliki oleh VFP, kita dapat membangun sebuah aplikasi yang cepat berdasarkan class yang sudah kita bangun sebelumnya. Bahkan kalau seandainya ada perubahan interface atau business rules, dengan mudah kita ubah berdasarkan classnya. It's really Rapid Application Development Tools !!

7.Visual FoxPro is COM Based Complaint
Merupakan standar komponen yang dapat digunakan oleh bahasa pemrograman lain yang juga COM Based Complaint, sehingga memungkinkan suatu proyek aplikasi yang besar dibuat lebih dari 1 bahasa pemrograman sebagai contoh, modul inventory dibuat dengan VFP, modul sales dibuat dengan Delphi, sedangkan menu utamanya dibuat dengan Visual Basic.

8.Visual FoxPro is web-enabled
ures ini didukung oleh VFP 7 keatas).

9.Visual FoxPro is backwards compatibility
Hal ini memudahkan bagi programmer yang masih menggunakan FoxPro for Dos/Windows untuk beralih ke VFP, karena syntax yang biasa sudah dikenal di FoxPro for DOS/Windows masih dikenal dengan baik oleh VFP sehingga memungkinkan aplikasi yang dibuat dengan FoxPro for DOS/Windows dapat berjalan dengan baik di VFP (dengan sedikit perbedaan di tampilan layar, mengingat VFP sudah menggunakan fasilitas Windows GUI 32 Bit).

Untuk kemudahan dan mobilitas akhirnya dengan sedikit coba-coba aku memportable-kan Microsoft Viusal FoxPro 9.0.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkan khususnya yang lagi belajar atau memakai FoxPro.

Sumonggo di download Portable Microsoft Visual FoxPro 9.0

2 komentar:

  1. terima kasih mas agus atas apps. portable nya
    apakah visual foxpro portable ini dapat menjalankan file project yang telah dibuat menggunakan foxpro yang non portable?
    bagaimana file library nya?
    apakah pada foxpro portable yang anda sertakan sudah ada?

    BalasHapus
  2. Setelah melakukan uji coba, bisa. File library sudah ter-compile dalam FoxPro Portable.

    Silahkan anda mencoba, mudah2n berhasil.

    Terima kasih telah berkunjung dan komendi blog Saya.

    Salam
    aguscyber

    BalasHapus